Yayasan Surabaya | Masuk Surga Karena Bersahabat Dengan Orang Saleh

Dilansir dari masjidnusantara.org – Persahabatan yang baik adalah persahabatan dimana kita dan teman kita sama-sama bisa mendapatkan kebaikan darinya. Di sisi lain, teman yang buruk akan mempermalukan kita, sementara teman yang baik akan membimbing kita ke jalan yang baik. Karena mereka tidak akan meninggalkan kita di saat sedih atau mencuri uang kita saat kita senggang, apakah ini berarti mencari teman baik berarti mencari teman yang bisa membawa kita ke surga dengan berkumpul bersama orang-orang saleh?

Pada kesempatan yang Allah SWT. berikan pada kali ini saya akan bercerita tentang sebuah kisah persahabatan yang tertulis dalam kitab “Durratun Nashsihin” karangan Syekh Utsman bin Hasan bin Ahmad Asy Syakir Al Khaubawiyiyi. Beliau menceritakan dalam kitab tersebut sebuah kisah dimana dua sahabat yang satunya meninggal dunia lalu divonis masuk neraka, karena dia ahli maksiat dan satunya lagi adalah orang saleh dan meninggal dalam keadaan Khusnul Khotimah dan masuk surga. Sahabat yang saleh itu mendapat perlakuan yang baik oleh malaikat Ridwan, ia diantarkan oleh malaikat Ridwan sampai ke pintu surga. Sedangkan sahabatnya yang ahli maksiat itu diperlakukan sebagaimana seorang pendosa, ia digiring kedalam neraka sebagai tampat kembalinya.

Ia diliputi rasa senang dan gembira yang tak terkira, dan ia hanya bisa membayangkan kenikmatan yang menantinya di surga sebagai pahala atas amal shaleh dan ketaatannya kepada Allah SWT. Sahabat yang taat itu masuk surga, rumah abadinya. Namun, dia tahu persis apa yang harus dilakukan ketika dia mendengar suara keras, jadi dia berhenti.

Anak-Anak Panti Asuhan Yakarim SurabayaYayasan Surabaya – Panti Asuhan Surabaya.

“Sahabatku…tolong aku. Atas nama persahabatan kita selamatkanlah aku dari neraka!”

Suara itu terus meminta bantuan kepada sahabatnya yang taat. Mencari sumber suara, dia melihat malaikat Malik yang menakutkan menyeret seorang pria ke neraka. “Ya Allah, orang itu adalah sahabatku yang terbaik di dunia,” serunya saat itu. Melihat sahabatnya diseret ke neraka membuatnya khawatir dan sedih. Pria saleh itu kemudian memohon kepada bidadari Ridwan untuk membawanya ke neraka karena tidak ingin masuk surga. Lelaki saleh itu mendengar Angel Ridwan berkata,

“Bagaimana saya akan membawa tuan ke neraka, padahal saya diperintahkan mengantar tuan ke surga? Silahkan tuan, tidak usah ragu, Surga yang indah ini milik tuan dan saya akan melayani tuan dengan sebaik-baiknya…!” Kata malaikat Ridwan

Orang Saleh itu berkata,

“Aku tidak membutuhkan surga dan pelayananmu. Bawa saya ke neraka.!”

Malaikat Ridwan menolak permintaan orang saleh itu untuk membawanya ke neraka, dalam keadaan yang saling bersitegangan itu, kemudian terdengar suara gaib yang berasal dari Yang Maha Agung.

“Wahai malaikatku, sebenarnya Aku telah mengetahui apa yang tersembunyi dibalik dada hambaku yang saleh ini. Namun, agar lebih jelas bagimu tanyakan sendiri kepadanya kenapa ia memilih neraka daripada surga!”

Malaikat Ridwan segera memenuhi perintah Dari Allah Yang Maha Agung.

“Mengapa Tuan lebih menyukai neraka daipada surga?”

“Engkau lihat orang yang sedang diseret-seret menuju neraka itu? Ia adalah sahabatku selama hidup di dunia. Ia menjerit-jerit minta tolong agar aku membebaskannya dari ancaman neraka. Aku sadar sepenuhnya, tidak mungkin aku yang lemah ini menyelamatkannya dari neraka dan membawanya ke surga. Karena itu, lebih baik aku yang ke neraka agar dapat bersama-sama dengannya, “ujar orang saleh itu.

Mendengar jawaban orang saleh itu, malaikat Ridwan bertambah kaget, lalu terdengar lagi suara dari Yang Maha Agung Allah Subhanahu wa ta’alaa.

“Wahai hambaKu yang saleh, dengan segala kelemahanmu, engkau rela masuk neraka untuk bersama-sama dengan sahabatmu yang telah menemanimu sebentar saja di dunia. Padahal, sepanjang umurmu, engkau begitu taat dan berbakti kepadaKu, memujaKu sebagai Tuhanmu. Bagaimana Aku rela membiarkanmu masuk neraka? Karena itulah Aku hadiahkan sahabatmu itu untukmu, dan ajaklah dia masuk surga bersamamu. Inilah ganjaran yang sepadan bagimu, “terang suara itu.

Subhanallah, sungguh Allah SWT. adalah Tuhan Yang Maha Pengampun dan Maha Penyayang bagi hamba-hamba-Nya yang saleh, lantaran bersahabat dengan orang saleh semasa hidup di dunia, sahabat yang yang ahli maksiat itu mendapat pengampunan dan kasih sayang Allah SWT. dan memasukkan dua sahabat itu ke dalam surga yang penuh kenikmatan sebagai tempat tinggal yang abadi tanpa mengurangi pahala surga yang Allah berikan kepada orang saleh itu.

“Sebaik-baiknya sahabat adalah sahabat yang dapat membawa kita ke surga. Bukan sahabat yang membawa kita ke neraka.”

“Persahabatan yang sejati akan membawa kerinduan yang abadi.”

Yuk Bantu Pendidikan Anak Yatim dan Dhuafa Panti Asuhan Yakarim Surabaya..

Klik Donasi Sekarang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow us